Analisis SWOT pada Instagram

ANALISIS SWOT PADA INSTAGRAM

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

KEKUATAN INSTAGRAM
1.       Tidak berbayar

Untuk menggunakan instagram, anda tidak perlu membayar, hanya cukup mendownload atau dapat juga langsung membuka situsnya. Tidak seperti jika menggunakan website sebagai media online shop, tentu harus menyewa domain terlebih dahulu dengan biaya yang bervariasi. Oleh karena itu, untuk bisnis online shop pemula ada baiknya memilih sosial media sekelas instagram dibandingkan website.

2.       Media utama berupa foto
Sebagai media sosial yang unggul dalam hal posting melalui foto, membuat media ini memberikan tampilan dan kualitas foto yang baik, yang tentu saja sangat cocok untuk media promosi online shop yang biasanya sangat mengandalkan foto produk.

3.       Koneksi dengan sosial media lain 

Kelebihan instagram yang memberikan koneksi dengan beberapa sosial media, membuat kemudahan tersendiri untuk para pembisnis online shop. Jadi anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu melakukan posting berkali-kali di media sosial lain.

KELEMAHAN INSTAGRAM
1. Harus update secara berkala  

Hampir sama seperti twitter, instagram memiliki timeline yang juga berjalan sangat cepat. Hal ini membuat penggunannya khususnya pemilik online shop harus sesering mungkin melakukan posting foto atau video agar produk dapat dilihat oleh konsumen.

2. Spamming  

Kemudahan yang diberikan instagram dalam hal berinteraksi, membuat sosial media ini sangat rawan spamming. Biasanya spamming bayak terlihat pada bagian komentar. Namun anda dapat menyiasatinya dengan memberlakukan private pada akun anda agar tidak sembarang orang dapat berkomentar pada postingan anda.

3. Transaksi yang kurang praktis  
Instagram memang tidak dirancang sebagai media jual beli, jadi wajar ketika proses transaksinya kurang praktis ketika ada konsumen yang akan membeli barang. Oleh karena itu, untuk pemilik online shop jangan lupa menyertakan kontak pada bagian profile dan caption pada setiap postingan.

PELUANG INSTAGRAM
1. Jumlah pengguna sangat banyak  
Tak perlu diragukan, Instagram merupakan salah satu jejaring sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia. Bahkan digadang-gadang Instagram bakal mampu melampaui 'senior'nya, yaitu Twitter -dari segi jumlah pengguna. Melihat banyaknya pengguna, Instagram bisa diibaratkan sebagai 'pasar besar' yang sangat potensial untuk dijadikan tempat berbisnis. Ada banyak calon pembeli / konsumen yang 'berhamburan' di Instagram. Apabila anda bisa memaksimalkannya, maka anda akan memperoleh banyak keuntungan.

2. Instagram saat ini menjadi tren kawula muda 
Bisa dibilang saat ini adalah masanya Instagram sebagai tren kawula muda. Konon pengguna Instagram didominasi oleh anak muda usia 15 - 30 tahun. Dari situ, kita bisa 'mengidentifikasi' pangsa pasar di Instagram, sehingga bisa menentukan produk yang dijual -- apakah sesuai dengan usia mereka -- atau tidak.Dengan memilih produk yang tepat dan sesuai dengan pangsa pasar, dijamin bisnis online anda akan berkembang pesat di Instagram.

3. Fokus pada konten gambar dan video pendek yang tentunya lebih 'menjual‘ 
Selain jumlah pengguna yang banyak dan pangsa pasar yang mudah diidentifikasi, kelebihan lain dari Instagram adalah kontennya yang lebih terfokus pada konten gambar dan video pendek. Bagi para pebisnis online -- hal ini sangatlah menguntungkan, karena konten gambar dan video pendek lebih 'menjual' ketimbang konten tulisan. Bahkan ada istilah yang mengatakanbahwa "1 gambar mewakili 1000 kata'. Jadi, apabila anda ingin berbisnis online di Instagram, postinglah foto-foto produk atau video produk yang menarik dan membuat orang 'lapar mata'. Cara ini lebih efektif ketimbang menuliskan tulisan promosi berpuluh-puluh paragraf. Ingat, pada dasarnya mata manusia lebih suka melihat gambar/video, ketimbang membaca tulisan yang panjang.

ANCAMAN INSTAGRAM
1.       Upload foto tidak senonoh 
       Pasti pengguna media sosial sering melihat tentang kelakuan beberapa pengguna medsos yang gemar membagikan fotofoto tidak senonoh. Entah itu milik pribadi atau foto-foto yang ia ambil dari internet.

2.       Atas nama eksis di media sosial, merusak alam 
       Seperti yang tengah marak di Yogyakarta, hancurnya sebuah kebun bunga karena remaja gaul yang ingin eksis di medsos. Hal semacam ini sangat disayangkan, masih banyak lagi kasus perusakan lingkungan yang harusnya tak terjadi.

3.       Membully di media sosial 
       Kalian pasti sering melihat praktik bully di media sosial? Mulai dari membully orang terkenal hingga teman sendiri menjadi hal lumrah

Daftar Pustaka
https://puputtrisnawati70.files.wordpress.com/2017/03/analisis-swot-pada-instagram.pdf






Komentar

  1. Anda suka bermain slot???
    Mau bonus slot 200%???
    Mari join bersama kami di Winning303
    Dapatkan bonus slot 200% langgsung untuk anda

    Info regis
    - WA : +6287785425244

    BalasHapus
  2. Suka bermain Poker mau deposit via PULSA,atau Via E-MONEY???
    Mari bergabung bersama kami di Donaco Poker
    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662
    CS 24 JAM

    BalasHapus
  3. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  4. ini gua heran yang komen ngadi2 semua

    BalasHapus

Posting Komentar