Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


A



pa Itu Teknologi Sistem Cerdas?



Teknologi sistem cerdas atau juga sering disebut sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah kemampuan bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Tujuan dari Artificial Intelligence (AI) adalah untuk menggantikan peran manusia agar sebuah pekerjaan atau pemecahan suatu masalah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Definisi kecerdasan buatan menurut para ahli :
Ø  John Mc Carthy [1956]: Kecerdasan buatan adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas”.
Ø  H.A Simon [1987]: Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas.
Ø  Rich and Knight [1991]: Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.
Ø  Encyclopedia Britannica: Kecerdasan buatan merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Dasar-dasar Konsep Artificial Intelligence
1.    Thinking Humanly : The cognitive modeling approach
Pendekatan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1)    Melalui intropeksi dengan mencoba menangkap pemikiran-pemikiran kita sendiri pada saat kita berpikir.
2)    Melalui penelitian-penelitian atau eksperimen dari segi psikologi.
2.    Acting Humanly : The turing test approach
1)    Tahun 1950, Alan Turing merancang suatu ujian bagi komputer yang berintelijensia(Bot Cerdas) untuk menguji apakah komputer tersebut mampu mengelabuhi seorang manusia.
2)    Tentunya komputer tersebut harus memiliki kemampuan : natural language processing, knowledge representation, automated reasoning, machine learning, computer vision and robotics.
3.    Thinking Rationally : The “Laws of Thought” approach
Dalam pendekatan ini terdapat dua masalah, yaitu :
1)    Tidak mudah untuk membuat pengetahuan informal dan menyatakan pengetahuan tersebut ke dalam formal term yang diperlukan oleh notasi logika.
2)    Terdapat perbedaan besar antara dapat memecahkan masalah “secara prinsip” dan memecahkannya “dalam dunia nyata”.
4.    Acting Rationally : The rational agent approach
1)    Membuat inferensi logis merupakan bagian dari suatu rational agent.
2)    Dengan menalar secara logis, maka bisa didapatkan kesimpulan bahwa aksi yang dilakukan akan mencapai tujuan atau tidak.

AI dapat dipandang dalam berbagai perspektif
Ø  Perspektif Kecerdasan (Intelligence)
  AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
Ø  Perspektif Bisnis
  AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
Ø  Perspektif Pemrograman (Programming)
  AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search).
Ø  Perspektif Penelitian (Research)
    ·         Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas-tugas sederhana).
    ·         Artificial Intelligence” adalah nama pada akar dari studi area.

Sejarah Teknologi Sistem Cerdas

Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada tahun 1642. Pada abad 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas ” pada tahun 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.

Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada tahun 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah “kecerdasan buatan ” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada tahun 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.

Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.

Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada tahun 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan syaraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan syaraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya 4 kelompok riset menemukan kembali algoritma pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritma ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

Penerapan Teknologi Sistem Cerdas
SIRI

Siri adalah program komputer yang bekerja sebagai asisten pribadi cerdas. Bagian dari sistem operasi Apple Inc. iOS, watchOS, macOS, and tvOS. Siri digunakan pada perangkat Apple seperti iPhone dan Macbook. Siri menggunakan bahasa natural antarmuka pengguna untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan perintah dengan mengirimkan permintaan kepada layanan Web. Siri beradaptasi dengan bahasa yang digunakan pengguna dan pencarian yang digunakan oleh pengguna secara kontinu sebagai preferensi, dan memberikan hasil yang sesuai. Siri awalnya dikenalkan sebagai aplikasi iOS yang tersedia di App Store oleh Siri Inc., yang diakusisi kemudian oleh Apple pada 28 April 2010. Ada beberapa aksen dan kombinasi gender untuk suara Siri.

Pada teknologi ini, terdapat 3 prosedur utama yaitu Input, Proses, Output. Berikut ini adalah flowchart dari cara kerja teknologi ini :

Input dari teknologi ini adalah suara kita. Kita memasukkan suara kita ke teknologi ini dengan cara merekam suara kita dengan microphone pada smartphone kita.
Proses dari teknologi ini dimulai setelah kita memasukkan suara kita. Teknologi ini membaca suara kita, menerjemahkannya menjadi teks, dan mencari perintah yang terdapat pada teks.
Output setelah teknologi ini mencari perintah pada teks, teknologi ini akan memberikan hasil yang sesuai dengan perintah yang terdapat pada suara yang kita input. Hasil dari teknologi ini juga akan dijadikan sebagai preferensi perintah teknologi ini.

FINGERPRINT

Fingerprint adalah mesin untuk memberikan data otomatis yang cepat, akses pintu atau ruangan dengan menggunakan sidik jari. Fingerprint digunakan untuk mempercepat membuka perangkat dan dapat  menawarkan keamanan lebih.

Input dari penggunaan “Fingerprint” yaitu Anda memasukkan kode sidik jari kedalam sistem Touch ID pada smartphone.
Proses fingerprint memiliki 2 proses, yang pertama Touch ID akan memasukkan kode sidik jari bagian dalam, yang kedua Touch ID akan memasukkan kode sidik jari bagian luar dan melengkapi kode sidik jari yang di perlukan oleh fingerprint.
Output dari Fingerprint adalah kode sidik jari yang mampu menjadi sumber keamanan, seperti memverifikasi identitas penggunan, sistem keamanan Apple, untuk pembayaran secara mudah, dan lainnya.

FIND MY IPHONE

Find My iPhone adalah aplikasi gratis dari Apple yang memungkinkan anda mencari smartphone cerdas atau tablet saat tersambung ke internet. Find My Iphone sangat berguna jika Anda salah menaruhkan iPhone atau iPad dan dapat berguna jika perangkat tersebut dicuri. Find My iPhone dapat menunjukkan posisi smartphone anda pada peta, menampilkan pesan 'hilang' pada layar, memaksa untuk membuat suara untuk membantu anda menemukan smartphone (bahkan jika iPhone atau iPad dalam modus diam) dan remote menghapus perangkat untuk mencegah orang lain melihat isi dari smartphone anda. Hal ini juga memungkinkan anda untuk mengunci perangkat yang tidak dilindungi oleh kode sandi dalam jarak jauh.

Input dari penggunaan “Find My Iphone” yaitu kita memasukkan Apple ID dan password pada kolom yang tersedia.
Proses Find My Iphone melakukan proses pencarian smarthphone Anda secara cepat dengan memakai koneksi internet.
Output yang dihasilkan Find My Iphone adalah berupa posisi smathphone Anda pada peta, menampilkan ‘hilang’ pada layar, memaksa untuk membuat suara walaupun dalam modus diam, dan remote penghapus perangkat.

FACETIME

FaceTime adalah aplikasi Apple yang memungkinkan anda untuk menelepon, mengobrol, dan berbagi pikiran dengan teman-teman, selama anda dan teman yang anda telepon memiliki salah satu dari produk Apple yang mendukung FaceTime.

Input dari penggunaan “Face Time” yaitu dengan memilih via video atau audio terlebih dahulu, kemudian pilih kontak atau masukkan nomor yang dituju.
Proses Face Time diproses dengan memakai koneksi internet, dan hanya dapat diproses jika yang dituju adalah pengguna produk Apple.
Output dari Face Time adalah paparan wajah dan transmisi suara. Face Time membuat komunikasi jarak jauh sebagai alat yang dapat menyalurkan gambar serta suara dalam bentuk video sehingga terlihat seperti nyata.

ICLOUD

Icloud merupakan layanan komputasi awan terbaru yang dipublikasikan oleh Apple Inc. dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhoneiPadiPod TouchMac secara otomatis pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-back up data secara manual. Fungsi dari iCloud adalah untuk menyimpan data secara cloud (awan) sehingga user dapat mengsinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokuman kedalam iPhone, iPad, iPod dan Mac secara otomastis pada waktu yang bersama-sama. Dengan basis icloud, anda dapat mengakses semua data dimana saja dan kapan saja tanpa perlu membackup data secara manual.

Input dari penggunaan “iCloud” yaitu dengan memasukan data yang akan disimpan, seperti foto, video,musik, dan lainnya.
Proses iCloud akan memproses data yang akan disimpan secara cepat, dan memasukkannya kedalam iCoud.
Output dari iCloud adalah data-data berhasil masuk kedalam iCloud.




Daftar Pustaka

Komentar