A
|
pa Itu Teknologi Sistem Cerdas?
Teknologi sistem cerdas atau juga
sering disebut sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah
kemampuan
bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia
dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang
dilakukan manusia. Tujuan dari Artificial Intelligence
(AI) adalah untuk menggantikan peran manusia agar sebuah pekerjaan atau
pemecahan suatu masalah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.
Definisi
kecerdasan buatan menurut para ahli :
Ø
John Mc Carthy [1956]: Kecerdasan buatan adalah ilmu rekayasa
yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program
komputer yang “cerdas”.
Ø H.A Simon [1987]: Kecerdasan
buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan
pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia
adalah – cerdas.
Ø Rich and Knight [1991]: Kecerdasan
buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan
hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.
Ø Encyclopedia
Britannica:
Kecerdasan buatan merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi
pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan,
dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan
sejumlah aturan.
Dasar-dasar Konsep Artificial Intelligence
1. Thinking Humanly : The
cognitive modeling approach
Pendekatan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1) Melalui intropeksi dengan mencoba menangkap
pemikiran-pemikiran kita sendiri pada saat kita berpikir.
2) Melalui penelitian-penelitian atau eksperimen dari segi
psikologi.
2. Acting Humanly : The turing
test approach
1) Tahun 1950, Alan Turing merancang suatu ujian bagi komputer
yang berintelijensia(Bot Cerdas) untuk menguji apakah komputer tersebut mampu
mengelabuhi seorang manusia.
2) Tentunya komputer tersebut harus memiliki kemampuan : natural language processing, knowledge
representation, automated reasoning, machine learning, computer vision and
robotics.
3. Thinking Rationally : The
“Laws of Thought” approach
Dalam pendekatan ini terdapat dua masalah, yaitu :
1) Tidak mudah untuk membuat pengetahuan informal dan menyatakan
pengetahuan tersebut ke dalam formal term yang diperlukan oleh notasi logika.
2) Terdapat perbedaan besar antara dapat memecahkan masalah
“secara prinsip” dan memecahkannya “dalam dunia nyata”.
4. Acting Rationally : The
rational agent approach
1) Membuat inferensi logis merupakan bagian dari suatu rational
agent.
2) Dengan menalar secara logis, maka bisa didapatkan kesimpulan
bahwa aksi yang dilakukan akan mencapai tujuan atau tidak.
AI dapat dipandang dalam berbagai perspektif
Ø
Perspektif Kecerdasan
(Intelligence)
AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat
melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
Ø Perspektif Bisnis
AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna,
dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan
masalah-masalah bisnis.
Ø Perspektif Pemrograman (Programming)
AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search).
Ø Perspektif Penelitian (Research)
·
Riset tentang AI dimulai
pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan
(game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas-tugas
sederhana).
·
“Artificial Intelligence” adalah
nama pada akar dari studi area.
Sejarah Teknologi Sistem Cerdas
Pada
awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa
melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin
penghitung digital mekanis pertama pada tahun 1642. Pada abad 19, Charles Babbage
dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand
Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang
merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus
Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas ” pada tahun 1943 yang meletakkan
pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun
1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja
ditulis pada tahun 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University
of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh
Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich
Prinz. John McCarthy membuat istilah “kecerdasan buatan ” pada konferensi
pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada tahun 1956. Dia juga
menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan “Turing test”
sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph
Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi
Rogerian.
Selama
tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan
simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program
berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin
Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas
jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer
Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk
representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang
kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan
kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang
kusut secara mandiri.
Pada
tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma
perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada tahun 1974.
Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik
statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada
jaringan syaraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton,
melanjutkan penelitian mengenai model jaringan syaraf pada memori. Pada tahun
1985-an sedikitnya 4 kelompok riset menemukan kembali algoritma pembelajaran
propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritma ini berhasil
diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun 1990-an ditandai
perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam
aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan
Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997.
DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk
unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi
dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada
2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta
dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia,
menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa
ratus mil daerah gurun yang menantang.
Penerapan Teknologi Sistem Cerdas
SIRI
Siri adalah program komputer
yang bekerja sebagai asisten pribadi cerdas. Bagian dari sistem operasi Apple
Inc. iOS, watchOS, macOS, and tvOS. Siri digunakan pada perangkat Apple seperti
iPhone dan Macbook. Siri menggunakan bahasa natural antarmuka pengguna untuk
menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan perintah dengan
mengirimkan permintaan kepada layanan Web. Siri beradaptasi dengan bahasa yang
digunakan pengguna dan pencarian yang digunakan oleh pengguna secara kontinu
sebagai preferensi, dan memberikan hasil yang sesuai. Siri awalnya dikenalkan
sebagai aplikasi iOS yang tersedia di App Store oleh Siri Inc., yang diakusisi
kemudian oleh Apple pada 28 April 2010. Ada beberapa aksen dan kombinasi gender
untuk suara Siri.
Pada teknologi ini, terdapat 3 prosedur utama yaitu Input,
Proses, Output. Berikut ini adalah flowchart dari cara kerja teknologi ini :
Input dari
teknologi ini adalah suara kita. Kita memasukkan suara kita ke teknologi ini
dengan cara merekam suara kita dengan microphone pada smartphone kita.
Proses dari
teknologi ini dimulai setelah kita memasukkan suara kita. Teknologi ini membaca
suara kita, menerjemahkannya menjadi teks, dan mencari perintah yang terdapat
pada teks.
Output setelah
teknologi ini mencari perintah pada teks, teknologi ini akan memberikan hasil
yang sesuai dengan perintah yang terdapat pada suara yang kita input. Hasil
dari teknologi ini juga akan dijadikan sebagai preferensi perintah teknologi
ini.
FINGERPRINT
Fingerprint
adalah mesin untuk memberikan data otomatis yang cepat, akses pintu atau
ruangan dengan menggunakan sidik jari. Fingerprint digunakan untuk mempercepat
membuka perangkat dan dapat menawarkan
keamanan lebih.
Input dari penggunaan “Fingerprint” yaitu
Anda memasukkan kode sidik jari kedalam sistem Touch ID pada smartphone.
Proses fingerprint memiliki 2 proses, yang
pertama Touch ID akan memasukkan kode sidik jari bagian dalam, yang kedua Touch
ID akan memasukkan kode sidik jari bagian luar dan melengkapi kode sidik jari
yang di perlukan oleh fingerprint.
Output dari Fingerprint adalah kode sidik
jari yang mampu menjadi sumber keamanan, seperti memverifikasi identitas
penggunan, sistem keamanan Apple, untuk pembayaran secara mudah, dan lainnya.
FIND MY IPHONE
Find
My iPhone adalah aplikasi gratis dari Apple yang memungkinkan anda mencari
smartphone cerdas atau tablet saat tersambung ke internet. Find My Iphone
sangat berguna jika Anda salah menaruhkan iPhone atau iPad dan dapat berguna
jika perangkat tersebut dicuri. Find My iPhone dapat menunjukkan posisi
smartphone anda pada peta, menampilkan pesan 'hilang' pada layar, memaksa untuk
membuat suara untuk membantu anda menemukan smartphone (bahkan jika iPhone atau
iPad dalam modus diam) dan remote menghapus perangkat untuk mencegah orang lain
melihat isi dari smartphone anda. Hal ini juga memungkinkan anda untuk mengunci
perangkat yang tidak dilindungi oleh kode sandi dalam jarak jauh.
Input dari penggunaan “Find My Iphone”
yaitu kita memasukkan Apple ID dan password pada kolom yang tersedia.
Proses Find My Iphone melakukan proses
pencarian smarthphone Anda secara cepat dengan memakai koneksi internet.
Output yang dihasilkan Find My Iphone adalah
berupa posisi smathphone Anda pada peta, menampilkan ‘hilang’ pada layar,
memaksa untuk membuat suara walaupun dalam modus diam, dan remote penghapus
perangkat.
FACETIME
FaceTime adalah aplikasi Apple yang memungkinkan anda
untuk menelepon, mengobrol, dan berbagi pikiran dengan teman-teman, selama anda
dan teman yang anda telepon memiliki salah satu dari produk Apple yang
mendukung FaceTime.
Input dari
penggunaan “Face Time” yaitu dengan memilih via video atau audio terlebih
dahulu, kemudian pilih kontak atau masukkan nomor yang dituju.
Proses Face
Time diproses dengan memakai koneksi internet, dan hanya dapat diproses jika
yang dituju adalah pengguna produk Apple.
Output dari
Face Time adalah paparan wajah dan transmisi suara. Face Time membuat
komunikasi jarak jauh sebagai alat yang dapat menyalurkan gambar serta suara
dalam bentuk video sehingga terlihat seperti nyata.
ICLOUD
Icloud merupakan layanan komputasi awan
terbaru yang dipublikasikan oleh Apple Inc. dalam
acara Apple
Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud
memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan
dokumen ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac secara otomatis pada waktu yang
bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja
tanpa perlu mem-back up data secara manual. Fungsi dari iCloud adalah
untuk menyimpan data secara cloud (awan) sehingga user dapat mengsinkronisasi
data seperti foto, musik, dan dokuman kedalam iPhone, iPad, iPod dan Mac secara
otomastis pada waktu yang bersama-sama. Dengan basis icloud, anda dapat
mengakses semua data dimana saja dan kapan saja tanpa perlu membackup data
secara manual.
Input dari
penggunaan “iCloud” yaitu dengan memasukan data yang akan disimpan, seperti
foto, video,musik, dan lainnya.
Proses
iCloud akan memproses data yang akan disimpan secara cepat, dan memasukkannya
kedalam iCoud.
Output dari
iCloud adalah data-data berhasil masuk kedalam iCloud.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar