Jenis - Jenis Audit




            Audit sistem informasi adalah sebuah proses yang sistematis dalam mengumpulkan dan mengevaluasi bukti-bukti untuk menentukan bahwa sebuah sistem informasi yang digunakan oleh organisasi telah dapat mencapai tujuannya, antara lain: pengamanan atas aktiva (asset), pemeliharaan atas integritas data dan peningkatan efektifitas.

Menurut pendapat beberapa ahli audit dapat diartikan sebagai berikut, yaitu:
1)    Arens and Loebbecke (2000:9)
Audit adalah kegiatan mengumpulkan dan mengevaluasi dari bukti-bukti mengenai informasi untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesesuaian antara informasi dengan kriteria yang telah ditetapkan. Proses audit harus dilakukan oleh orang yang kompeten dan independent.
2)    William F. Miesser, Jr (2003:8)
Audit adalah proses yang sistematik dengan tujuan mengevaluasi bukti mengenai tindakan dan kejadian ekonomi untuk memastikan tingkat kesesuaian antara penugasan dan kriteria yang telah ditetapkan, hasil dari penugasan tersebut dikomunikasikan kepada pihak pengguna yang berkepentingan.

Jenis – Jenis Audit
1)   Audit internal merupakan kegiatan pemeriksaan dan pengujian suatu pernyataan, pelaksanaan dari kegiatan yang dilakukan oleh pihak independen guna memberikan suatu pendapat. Pihak yang melaksanakan auditing disebut dengan auditor.
2) Audit sistem informasi adalah pengumpulan dan penilaian bukti – bukti untuk menentukan apakah sistem komputer dapat mengamankan aset, memelihara integritas data, dapat mendorong pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan menggunakan sumber daya secara efisien.
3)  Audit kecurangan (Fraud) dapat didefinisikan sebagai audit khusus yang dimaksudkan untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya penyimpangan atau kecurangan atas transaksi keuangan.
4) Audit eksternal adalah sebuah audit yang dilakukan oleh badan eksternal atau independent yang memenuhi syarat. Audit ini memiliki tujuan untuk menentukan cara lain apakah catatan akutansi itu akurat dan lengkap, apakah disusun sesuai dengan ketentuan PSAK dan apakah laporan yang disiapkan dari data menyajikan posisi keuangan dan hasil usaha keuangan secara wajar.
5)  Audit keungan adalah audit terhadap laporan keuangan suatu entitas (perusahaan atau organisasi) yang akan menghasilkan pendapat (opini) pihak ketiga mengenai relevansi, akurasi dan kelengkapan laporan-laporan tersebut.

Daftar Pustaka

Komentar