Inovasi SI & New Technology
Disusun Oleh:
Anggraeni Tri Windyastuti
10116879
2KA21
Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Universitas
Gunadarma
Sejarah Perkembangan Sistem
Informasi & Teknologi Informasi
Sejarah Perkembangan Sistem Informasi
Sistem adalah suatu
jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul
bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu
sasaran tertentu. Sedangkan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau
komponennya medefinisikan sistem sebagai kumpulan dari elemen-elemen yang
berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sistem informasi adalah suatu sinergi
antara data, mesin pengelolah data berupa komputer, program aplikasi dan
jaringan, serta manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi
bukan hanya aplikasi perangkat lunak saja, bahkan sistem informasi ada disetiap
perusahaan dan instansi dalam melakukan kegiatan bisnis mereka sehari-hari.
Sistem informasi adalah sistem yang
terintegrasi yang dapat menyediakan informasi yang berguna untuk penggunanya.
Sedangakan teknologi informasi
adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian
pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas
sebarannya dan lebih lama penyimpanannya.
Pada tahun 1940 saat perang dunia ke 2 Sistem
Informasi digunakan oleh militer untuk pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen.
Pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape.
1. Generasi Pertama (1945-1955)
Dengan terjadinya
Perang Dunia Ke II, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha
mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki
komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali.
2. Generasi Kedua (1955-1965)
Pada tahun 1948,
penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam
komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para
pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC.
3. Generasi Ketiga (1965-1980)
Dikembangkan untuk melayani banyak pemakai
secara online, sehingga menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :
·
Multiuser
Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
·
Multiprogramming
Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktu bersamaan.
Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktu bersamaan.
·
Time sharing
Varian dari
multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satu terminal online dengan
pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yang aktif secara bergantian secara
cepat.
·
Spooling
Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus, dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsung diterima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupa antrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.
Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus, dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsung diterima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupa antrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.
Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas
yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen
elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam
suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
4.
Generasi Keempat (1980-199x)
Setelah IC, tujuan
pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale
Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan
seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan
kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
5. Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Sejarah Teknologi
Informasi
1.
Masa
Tahun 3000 SM
Pada masa ini orang
mulai mengenal simbol atau tulisan dan ditemukan pertama kali simbol untuk
informasi, digunakan oleh Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan waktu itu
berupa simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau
huruf-huruf yang digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam
penyebutannya untuk setiap bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata, kalimat
dan bahasa.
2.
Masa
Tahun 2900 SM
Pada masa ini
ditemukan bahwa Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang
disebut Hierogliph. Huruf hierogliph sudah merupakan bahasa simbol untuk sebuah
ungkapan. Untuk setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda, dan apabila
digabungkan menjadi satu maka akan mempunyai cara pengucapan dan arti
tersendiri. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglyph ini lebih maju dan lengkap
dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
3.
Masa
Tahun 3000 SM s/d 1400-an M
Pada zaman ini
manusia sudah mulai berkembang sedikit demi sedikit dalam penemuan teknologi,
dan sudah terlihat manusia lebih pintar daripada sebelumnya. Teknologi yang
ditemukan pun sudah semakin memudahkan hidup mereka dan saling bertukar
informasi semakin mudah daripada zaman sebelumnya. Pada masa sejarah, teknologi
informasi berkembang pada masyarakat kalangan atas seperti para kepala suku
atau kelompok, digunakan pada kegiatan
tertentu seperti upacara, dan ritual. Teknologi informasi belum
digunakan secara masal seperti yang kita kenal sekarang ini.
4.
Masa
Tahun 500 SM
Masa ini ditandai
dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan
tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan
informasi yang lebih baik dengan serat pohon. Serat papyrus yang berasal dari
pohon Papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini dijadikan media menulis/media informasi pada
masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan
tanah sebagai media informasi. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal
media yang kita kenal sekarang ini yaitu media kertas.
5.
Masa
Tahun 1455
Masa ini ditandai
dengan upaya menciptakan mesin cetak. Pada masa ini manusia sudah menggunakan
mesin cetak yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Kemudian plat
tersebut diganti dengan bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan untuk
pertama kali oleh Johann Gutenberg.
6.
Masa
Tahun 1800-an
Pada tahun 1830 orang
sudah mengenal program komputer. Augusta Lady Byronpertama menulis program
komputer yang berkerjasama dengan Charles Babbage. Mereka menggunakan mesin
analytical. Mesin analytical dengan programnya didesain untuk menerima data,
mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Selanjutnya,
mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara
kerjanya lebih bersifat mekanis dari yang bersifat digital. Mesin ini merupakan
cikal bakal komputer digital pertama ENIAC I
pada 94 tahun kemudian.
Pada tahun 1837
ditandai dengan teknologi pengiriman informasi. Samuel Morse mengembangkan
telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles
Wheatstone. Mereka mengirim informasi secara elektronik antara 2 (dua) tempat
yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman
dan penerimaan informasi ini mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir
terjadi pada waktu yang bersamaan. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat
diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi atau
dibatasi oleh jarak dan waktu.
7.
Masa
Tahun 1900-an
Tahun 1923 Zvorkyn
menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama. Tahun 1940 dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan
dalam bidang informasi pada masa perang dunia II yang dipergunakan untuk
kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan
dalam bentuk magnetic tape. Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sistem
pengkodean menggunakan hypertext. Tahun
1946 komputer digital pertama didunia
yaitu ENIAC I dikembangkan. Tahun 1948
para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor. Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan
transistor planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan
milyaran transistor dimasukan ke dalam
sebuah keping kecil kristal silikon.
Tahun 1969 sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan
menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford),
University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50Kbps.
Tahun 1972 Ray Tomlinson menciptakan
program e-mail yang pertama. Tahun 1973
– 1990 istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP
(Transmission Control Protocol) kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol
jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup
dari DARPA.
Komponen - Komponen Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah sekumpulan
hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan
secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna
memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
1. Perangkat keras (Hardware)
Mencakup
peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
2. Perangkat lunak (Software)
Sekumpulan instruksi
yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
3. Prosedur
Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data &
pembangkit keluaran yang dikehendaki.
4. Orang
Semua
pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan,
dan penggunaan keluaran sistem informasi.
5. Basis data (Database)
Sekumpulan
tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
6. Jaringan (Network)
Sistem
penghubung yang memungkinkan sumber (resources) dipakai secara bersama atau
diakses oleh sejumlah pemakai.
Perangkat Komputer
Jenis Komputer
Berdasarkan Ukuran Fisik dan Kemampuan Pemrosesan :
1.
Super
Komputer
Memproses ratusan
milyar instruksi per detik.
2.
Komputer
Mainframe
Memproses ratusan
juta instruksi per detik
3.
Komputer
Mini
Mempunyai kemampuan
yang hampir sama dengan komputer mainframe, tergantung dari ukuran fisiknya.
4.
Komputer
Personel
Memproses jutaan
instruksi per detik
Perangkat Keras
Komputer
1.
Bahasa Mesin
Perangkat
keras komputer berpikir dalam bahasanya sendiri yang disebut sebagai bahasa
mesin.
2.
Unit Prosessor Pusat (Central Processor Unit / CPU)
Adalah
bagian internal komputer yang menjalankan instruksi yang diberikan kepadanya
oleh program komputer. CPU terdiri atas: Unit pengendali, Unit logika
aritmatika (Aritmatic Logical Unit / ALU), dan Memori primer.
·
Unit
Pengendali
Bertugas mengarahkan
seluruh sistem komputer dalam menjalankan seluruh fungsinya.
·
Unit
Logika Aritmatika
Bertugas melaksanakan
semua pekerjaan komputasi dan logika.
·
Memori
Primer
Sebagai tempat
menyimpan hasil instruksi-instruksi yang dilakukan ALU. Jenis memori ini
mempunyai 2 ciri:
– Mudah berubah, data
akan hilang jika aliran listrik off.
– Random accessible
memory (RAM), berarti ALU dapat secara langsung mengakses data dalam memori.
3.
Prosesor Pendukung
Adalah
pembantu CPU yang bertugas melaksanakan fungsi-fungsi khusus. Contoh:
Komunikasi, video/audio
4.
Penyimpan Sekunder
Adalah
penyimpanan data di luar CPU, yang terdiri atas:
1. Pita Magnetik, baik dalam bentuk rol dan
cartridge
2. Disk Magnetik yang biasa disebut dengan
disket
3. Disk Optikal (contoh CD-ROM)
Perangkat Komputer
Perangkat komputer
merupakan komponen terpenting pada komputer karena tanpa perangkat komputer
maka komputer tidak akan bisa menyala, satu saja komponen pada komputer yang
tak terpasang maka dipastikan komputer tidak akan menyala atau bisa juga
kesalahan dalam merakit komponen komputer sangatlah fatal karena akan merusak
bagian dari komponen yang lainnya.
1)
Motherboard
Motherboard merupakan
perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain,
seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card.
2)
Memory
Memori adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau
sesudah diproses oleh processor. Memory sendiri tebagi menjadi 2 bagian yaitu
RAM (Random access memory) dan ROM (Read only memory).
3)
Central
Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian
terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut.
CPU atau microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan
pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat
tergantung pada kinerja CPUnya.
4)
Harddisk
Harddisk merupakan
komponen komputer penyimpan data yang paling terbesar kapasitasnya, bahkan
hingga saat ini harddisk sudah memiliki kapasitas sebesar 1.000 GigaByte atau
yang sering kita sebut 1 TeraByte.
5)
VGA
Card
Vga card merupakan
komponen komputer yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal
gambar yang akan ditampilkan pada monitor.
6)
LAN
Card
Lan card merupakan
komponen komputer yang berfungsi menghubungkan komputer pada jaringan internet
yang terhubung pada connector RJ 45.
7)
Monitor
Monitor merupakan
perangkat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer.
8)
Mouse
Mouse merupakan suatu
perangkat yang digunakan untuk menjelajahi program dan menjalankan sebuah
perintah.
9)
Keyboard
Keyboard adalah
seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer.
10)
Printer
Printer adalah
perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ked
lam bentuk dokumen, gambar, bahkan dokumen disertai dengan gambar.
11)
Speaker
Speaker merupakan
perangkat output untuk mengeluarkan suara dari komputer, dan jenis lain dari
speaker adalah earphone atau headset.
Perkembangan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak
Pemahaman Komponen
Perangkat Keras
1) Input
Perangkat masukan
atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data
atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya
software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan
input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan
input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan
flashdisk).
2) Proses
Process device pada
komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah
data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk
informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan
proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling
berhubungan satu sama lain.
3) Control
I/O adalah suatu
perangkat yg berhubungan dengan sistem komputer dengan cara mengirim sinyal
melalui suatu kabel atau bahkan melalui udara. I/O merupakan salah satu komponen computer yang
penting, I/O devices menjadikan komputer berguna bagi manusia, sebuah sistem
kontrol I/O bertujuan untuk memberikan bantuan kepada user untuk memungkinkan
mereka mengakses berkas, tanpa memperhatikan detail dari karakteristik dan
waktu penyimpanan.
4) Penyimpanan
Komputer mempunyai
perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat
keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data.
5) Output
Output Device atau
biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk
menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data. Contohnya monitor,
printer, dan speaker.
Pemahaman Komputer
Perangkat Lunak
1) Evolusi perangkat lunak
Tahap Pertama (1950 –
1960)
Evolusi
perangkat lunak dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan
perangkat lunak komputer pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri yaitu
berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga
apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan
terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 –
1970)
Evolusi
perangkat lunak dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun
1970-an. Pengembangan perangkat lunak
tahap kedua mempunyai ciri-ciri multi user.
Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini
menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human
Computer Interaction). Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real
Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa
dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta
menghasilkan output yang diinginkan.
Tahap Ketiga (1970 –
1990)
Evolusi
perangkat lunak dimulai pertengahan tahun
1970 sampai awal tahun 1990.
Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem
terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer
tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu
komputer harganya sangat murah. Selain
itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 –
2000)
Evolusi
perangkat lunak dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat
lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat
keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak
semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai
kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan
kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy.
Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era
ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman
sudah berorientasi obyek oriented programming (OOP).
2) Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat
lunak atau software dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam yaitu:
a) Sistem Operasi (Operating System)
Sistem
opersi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang
mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain.
b) Program Aplikasi (Application Programs)
Program
aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu,
misalnya program pengolah kata, pengolah lembar kerja, program presentasi,
design grafis, dan lain-lain.
c) Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat
lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan
instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan
aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 2 level bahasa
pemrograman, yaitu: Bahasa tingkat rendah (Low Level Language) dan Bahasa
tingkat tinggi (High Level Language).
d) Program Bantu (Utility)
Perangkat
lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya
dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya memformat flashdisk, mengcopy data, mengkompres file dan pemeriksaan
keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag)
dan lain-lain.
3) Perangkat lunak aplikasi
1) Aplikasi office
Aplikasi
office merupakan aplikasi yang dibuat untuk mempermudah pengguna dalam
melakukan pekerjaan, baik dalam mengelolah kata yang digunakan dalam membuat
surat, pengelolahan angka yang digunakan dalam membuat laporan keuangan,
presentasi, dan yang lainnya.
2) Aplikasi multimedia
Multimedia
adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi)
berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video
interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu
menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audience-nya.
3) Aplikasi internet
Aplikasi
Internet adalah istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi
tertentu. Contoh beberapa aplikasi internet meliputi WWW (World Wide Web),
e-mail, file transfer protocol (FTP), png, dll.
Dampak Positif Sistem Informasi
/ Teknologi Informasi
·
Dapat
meningkatkan produktifitas kerja
·
Memungkinkan
kegiatan terselesaikan dengan cepat, akurat dan tepat
·
Kebutuhan
akan data dan informasi menjadi terpenuhi
·
Mempermudah
pertukaran informasi
Dampak Negatif Sistem Informasi
/ Teknologi Informasi
·
Banyak
orang yang menyepelehkan tugas dengan mengundur-undur kan waktu atau tidak
langsung mengerjakan karena menilai dengan adanya sistem informasi tugas akan
cepat selesai olehkarena itu ia mengerjakannya di lain waktu dan memilih
bersantai
Daftar
Pustaka
Komentar
Posting Komentar