Internet Of Things (IOT)

Internet Of Things (IOT)



Definisi Internet Of Things
Things artinya segala, artinya apapun yang terhubung ke internet termasuk dalam definisi Internet Of Things (IOT). Artinya semua barang fisik yang dapat di monitor dan dikendalikan dari jarak jauh menggunakan internet adalah IOT. Konsep IOT ini aka sangat mendorong perkembangan data dan penggunaan data center di Indonesia, oleh karena itu pemerintah Republik Indonesia sudah merencanakan membangun pusat data tersentralisasi.

Konsep dan Cara Kerja Internet Of Things
Konsep IOT ini sebetulnya cukup sederhana dengan cara kerja mengacu pada 3 elemen utama pada arsitektur IOT, yakni : Barang Fisik yang dilengkapi modul IOT, Perangkat Koneksi ke Internet seperti Modem dan Router Wirless Speedy seperti di rumah anda, dan Cloud Data Center tempat untuk menyimpan aplikasi beserta database.

Seluruh penggunaan barang yang terhubung ke internet akan menyimpan data, data tersebut terkumpul sebagai “big data” yang kemudian dapat diolah untuk di analisa baik oleh pemerintah, perusahaan, maupun negara asing untuk kemudian di manfaatkan bagi kepentingan masing-masing.

Fungsi Internet Of Things
Dengan prinsip tujuan utama dari Internet Of Things (IOT) sebagai sarana yang memudahkan untuk pengawasan dan pengendalian barang fisik maka konsep IOT ini sangat memungkinkan untuk digunakan hampir pada seluruh kegiatan sehari-hari, mulai dari penggunaan perorangan, perkantoran, rumah sakit, pariwisata, industri, transportasi, konservasi hewan, pertanian dan perternakan, sampai pemerintahan.

Dalam tujuan tersebut, Internet Of Things (IOT) memiliki peran peting dalam pengendalian pemakaian listrik, sehingga pemakaian listrik dapat lebih hemat sesuai kebutuhan mulai dari tingkat pemakaian pribadi sampai ke industri. Selain untuk tujuan penghematan IOT juga dapat dipakai sebagai sarana kemajuan usaha, dengan sistem monitoring maka kebutuhan usaha dapat lebih terukur.

Internet Of Things (IOT) juga sangat berguna dalam otomatisasi seluruh perangkat yang terhubung ke internet dimana konfigurasi otomatisasi tersebut dapat di sesuaikan dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi perangkat tersebut. Baik untuk alasan keamanan untuk wilayah yang tidak mungkin dimasuki manusia, maupun untuk alasan jangkauan terhadap perangkat yang akan dikendalikan tersebut.

Manfaat Internet Of Thing (IOT)
1.      Monitoring Lingkungan
IOT dapat berguna untuk “melihat” kondisi air secara real-time di waduk, irigasi bagi para petani untuk informasi debit air masih banyak atau tinggal sedikit, di laut sebagai
mitigasi bencana ke para pelaut dan nelayan. Sehingga memudahkan para pelaku sektor real dalam  mempertimbangkan kebutuhan mereka secara lebih tepat. Kebakaran hutan dapat di cegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang terintegrasi, dengan data laporan titik panas dari satelit yang terhubung langsung ke sistem penyemprotan air di titik lokasi kebakaran maka dapat lebih memungkinkan api di padamkan lebih cepat.

Perusahaan Air Minum juga dapat mengukur tingkat kualitas air yang akan di salurkan ke pelanggan sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat mengukur kebutuhan kimia penjernih air.

2.      Pengelolaan Infrastruktur
Seperti kereta api, “IOT” dapat dipakai untuk mendeteksi kondisi jalur kereta aman di lintasi atau tidak, sehingga dapat membuka tutup palang pintu kereta secara otomatis tanpa harus khawatir penjaga kereta sedang terlelap tidur.

Demikian untuk lalu lintas jalanan, sistem pengalihan kemacetan dapat di mungkinkan. Artinya jika suatu jalan sedang macet, maka pengguna jalan yang dengan tujuan kea rah jalanan yang macet itu dapat di alihkan secara otomatis dengan sistem rambu otomatis, missal jika jalan arteri macet sedangkan jalan tol dalam kota kosong maka satu jalur di jalan tol dapat digunakan secara gratis untuk pengendara jalan umum.

Untuk di pelabuhan, IOT dapat digunakan untuk manifest ribuan barang dalam satu kapal atau container, sehingga data manifest dapat lebih cepat tersedia. Dan sangat memungkinkan untuk sistem monitoring pelabuhan yang berguna baik untuk operator pelabuhan maupun untuk pengguna.

3.      Sensor Peralatan
Kebanyakan biaya konsumsi peralatan di pertambangan di ukur berdasarkan kapasitas dan pengalaman, dengan IOT perusahaan tambang dapat mengukur peralatan nama yang BBM nya sudah mau habis, berapa stok BBM di site, peralatan mana yang olinya harus di ganti, dan lain sebagainya sehingga dapat terukur secara cepat dan tepat. Hal ini sangat memungkinkan karena modul IOT dapat memberikan informasi langsung dari mesin atau peralatan di tambang. Demikian untuk di perkapalan, di pabrik industri dan juga di infrastruktur IT perkantoran modern. Teknologi “IOT” sangat bermanfaat dalam mengawasi peralatan yang digunakan untuk operasional perusahaan agar kebutuhan-kebutuhan terhadap perangkat tersebut dapat lebih terukur dan optimal.

4.      Bidang Kesehatan
Kini peralatan kedokteran lebih dapat di hubungkan dengan internet sehingga lebih mudah dalam pengawasan, para dokter secara khusus dapat memantau kondisi pasien tanpa harus melakukan kunjungan ke kamar pasien tersebut. Sehingga biaya kunjungan dokter ke pasien dapat berkurang.

5.      Otomasi Gedung dan Perumahan
IOT yang merambah pada pengguna elektronik rumahan dapat memudahkan orang dalam berbagai hal. Misal untuk yang paling boros listrik seperti AC split, jika anda lupa mematikannya maka biaya listrik berjalan terus bagaikan air, dengan aplikasi home management makan anda dapat mematikan AC dan lampu di rumah atau menyalakannya kembali sebelum anda tiba di rumah.

Gedung perkantoran dapat lebih megoptimalkan seluruh fasilitas yang ada, baik untuk penghematan listrik maupun untuk pengendalian gedung terintegrasi. Sebagai contoh, gedung dengan multi tenant dapat lebih meningkatkan keamanannya dengan sistem sidik jari untuk tamu, para tamu untuk kantor wajib memberikan sidik jarinya ke aplikasi undangan data ke kantor, sehingga ketika tamu kantor tersebut datang maka cukup tempelkan sidik jari maka mulai dari pintu gerbang gedung sampai lift mana yang akan di pakai sudah tesedia secara khusus.


Nest Smart Thermostat
Nest Smart Thermostat, termostat cerdas yang terhubung ke internet. Nest belajar rutinitas keluarga Anda dan secara otomatis akan menyesuaikan suhu berdasarkan ketika Anda di rumah atau jauh, hidup atau mati, panas atau dingin, untuk membuat rumah Anda lebih efisien dan membantu Anda menghemat tagihan. Aplikasi seluler memungkinkan Anda untuk mengedit jadwal, mengubah suhu ketika Anda jauh dari rumah, dan bahkan menerima peringatan ketika terlihat seperti sesuatu yang tidak beres dengan pemanasan atau sistem pendingin.

WeMo Switch Smart Plug
WEMO terhubung perangkat rumah di Switch, plug cerdas. Ini dihubungkan ke stop kontak biasa, menerima kabel daya dari perangkat apapun, dan dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan pada jadwal yang ditetapkan atau ketika anda menekan tombol pada smartphone Anda. Model lain plug cerdas, saklar Insight, juga memantau berapa banyak energi perangkat Anda gunakan, membantu Anda membuat rumah Anda lebih hemat energi. Anda dapat melihat ketika colokan seberapa banyak daya yang mereka gunakan, dan mengatur jadwal untuk operasi yang tepat dari aplikasi mobile.
Philips Hue Smart Bulbs
Sistem pencahayaan Philips Hue adalah yang paling populer dari lampu pintar yang saat ini tersedia.  Pertama, warna-lampu Philips Hue dapat berubah warna sesuai yang Anda pilih, mereka bahkan akan cocok dengan nada dalam foto yang Anda upload melalui aplikasi. Mereka dapat dihidupkan dan dimatikan dari smartphone Anda. Lampu Hue dapat membantu Anda menyimpan uang pada energi serta memiliki banyak menyenangkan bermain-main dengan lampu Anda.

August Smart Lock
Dengan kunci pintar ini, Anda tidak perlu kunci untuk membuka pintu ketika tiba di rumah. Anda dapat memberikan kunci tamu untuk teman-teman atau siapapun yang Anda mau, dan anda bisa mencabut kunci tersebut ketika Anda tidak lagi ingin memberikan orang akses ke rumah Anda. Keypad opsional berarti Anda dapat mengatur kode untuk membuka pintu Anda jika Anda tidak sedang membawa ponsel . Anda bahkan dapat melihat log aktivitas dan memberikan akses dari smartphone Anda dari jarak jauh.

Canary Smart Security System
Canary menggabungkan video, audio, deteksi gerak, night vision, sirene, dan kualitas udara, suhu, dan sensor kelembaban dalam satu perangkat yang dapat Anda kontrol dari ponsel Anda. Piper adalah sistem serupa yang berfungsi sebagai sistem keamanan dan perangkat monitoring rumah, dan juga dapat berfungsi sebagai pembicara, membiarkan Anda berbicara dengan siapa pun di rumah Anda bahkan jika Anda pergi.

Samsung SmartThings Hub
SmartThings memungkinkan Anda mengontrol lampu, kunci, colokan, termostat, kamera, dan pembicara dari hub pusat yang dapat Anda akses dari smartphone Anda, serta berbagai macam sensor yang dapat Anda gunakan dengan sistem SmartThings untuk menciptakan solusi keamanan yang terintegrasi dengan semua elektronik lainnya di rumah Anda.

Kolibree Smart Tooothbrush
Kolibree, sikat gigi pintar. Kolibree terhubung ke smartphone Anda dan mendorong kebiasaan menyikat gigi yang baik untuk anak-anak dan orang dewasa dengan memutar menyikat ke dalam permainan dan menyimpan data pada ponsel Anda tentang kebiasaan menyikat Anda.

Petnet Smart Pet Feeder
Smart Petnet ini membantu Anda menghitung jenis makanan terbaik untuk anjing atau kucing, berapa banyak mereka harus makan, dan bahkan set up pengiriman makanan hewan ketika Anda kehabisan. Anda mengontrol pengumpan cerdas melalui smartphone Anda, dan dapat memonitor konsumsi makanan hewan peliharaan Anda bahkan jika Anda berada jauh dari rumah.

Scanomat Topbrewer
Topbrewer, Anda dapat mendapatkan akses ke kopi berkualitas kapanpun Anda inginkan, tetapi Anda juga dapat membuatnya dari mana saja dengan aplikasi pendamping. Pilih jenis minuman yang Anda inginkan Latte, Americano, Mocha, Cappuccino, Jus, Cokelat Panas, bahkan berkarbonasi air dan semua yang perlu Anda lakukan adalah menekan "Start Now" untuk memulai pembuatan.

Healthpatch Health Monitor
Healthpatch digunakan untuk perawatan oleh penyedia layanan kesehatan, membiarkan mereka mendapatkan EKG, denyut jantung, tingkat pernapasan, suhu kulit, postur tubuh, deteksi, dan aktivitas pembacaan jarak jauh. Ini dapat mengingatkan dokter untuk masalah kesehatan potensial sebelum mereka muncul, atau memberikan mereka wawasan tambahan ke mana perawatan yang paling efektif untuk pasien mereka, bahkan ketika pasien mereka tidak di kantor.

Automatic Car Tracking Adapter
Automatic informasi tentang mobil Anda dengan menggunakan adaptor dalam mobil. Ini melacak hal-hal seperti jarak tempuh, jam didorong, biaya bahan bakar, efisiensi bahan bakar, lokasi, dan status pengapian. Dash adalah sebuah alternatif untuk Automatic yang memberikan informasi yang sama, dan menghitung secara keseluruhan "Dash skor" untuk membantu Anda meningkatkan mengemudi Anda.

DHL’s IoT Tracking and Monitoring
DHL menyediakan pengiriman, pergudangan, distribusi, dan manajemen rantai pasokan di seluruh dunia, dan ini memerlukan sejumlah besar komunikasi. DHL merilis sebuah laporan yang merinci beberapa penggunaan potensi teknologi IOT yang mencakup pemantauan kendaraan dan pemeliharaan, pelacakan real-time dari paket, sensor lingkungan dalam wadah pengiriman, pengumpulan informasi pada karyawan dan alat-alat, dan sejumlah fitur keselamatan peningkat untuk kendaraan dan orang-orang.

Cisco’s Connected Factory
Cisco, pemimpin dalam bidang IT, mendorong perusahaan untuk membuat proses manufaktur dan produksi mereka lebih efisien dengan mengintegrasikan teknologi IOT pada tanaman mereka. Terpencil monitoring dan akses ke peralatan yang digunakan dalam pembuatan bisa sangat meningkatkan efisiensi, memungkinkan masalah yang harus diselesaikan lebih cepat, dan, pada akhirnya, menghasilkan produksi yang meningkat.

Daftar Pustaka
http://www.reviewterupdate.com/2017/02/15-contoh-internet-of-things-projects_25.html

Komentar